Salah satu armada transportasi umum yang berada di ibu kota DKI Jakarta. Ya namanya adalah Transjakarta. Fasilitas bis angkutan umum yg bisa dinikmati oleh seluruh warga yang berada di Jakarta. Tarifnya murah, bis berAC, dan kondisi bersih. Yang namanya ibu kota ya pasti tersedia apapun disana. Sekalipun angkutan masal seperti Transjakarta.
Sejak munculnya transportasi baru bernama transjakarta ini membuat kalangan masyarakat tdk perlu lagi repot kesana kemari membawa kendaraan sendiri dan pasti selalu mendapati jalan yang macet. Jakarta dikenal kota padat dan kota macet. Tidak heran bila banyak orang berpikir demikian. Armada Transjakarta tidak sedikit jumlahnya. Titik pos koridor untuk penjemputan dan menurunkan penumpang sudah tersedia cukup memadai.

Saya cukup kagum saat pertama kali naik Transjakarta. “Kok ada transportasi angkutan umum se-bagus begini”, pikir saya. Tarif yg saya alami dengan harga flat Rp3500,- untuk sekali masuk loket. Ingin berjalan dari Jakarta Barat ke Jakarya Timur? Bebas banget berpergian asal jangan keluar dari loket Exit.

Pembayaran Transjakarta ini menggunakan kartu E-Money seperti yang sudah disediakan oleh masing-masing Bank yang ada di Indonesia. Seperti kartu Brizzi dari bank BRI, flazz dari BCA, dsb. Kita cukup tempel kartu pada mesin loket otomatis yang tersedia dan kita sudah bisa langsung memasuki area ruang tunggu bussway.

Saya sudah merasakan berpergian dengan Transjakarta dari Jakarta Barat, Jakarta Utara, hingga Jakarta Selatan. Pertama memang pasti merasa bingung mengenai jalur rutenya, tapi kita tidak perlu khawatir karena pada tiap pos koridor halte bussway ada staff penjaganya. Kita bisa bertanya secara gratis asal pertanyaannya seputar Transjakarta.

Ini gerbang koridornya Transjakarta. Menuju jembatan bussway yg hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

Ramainya sesak banget, terkadang yg beruntung bisa mendapatkan bis yg lenggang (banyak kursi kosong), nikmat dinginnya AC serasa berada di luar negri. Tapi begitu bisnya penuh sesak, ini yang cukup miris karena harus berdiri selama perjalanan.

Saya berharap semoga kelak kota lainnya juga segera menyusul dengan adanya transportasi umum seperti Transjakarta ini. Sekian pendapat saya mengenai Transjakarta yang ada di DKI Jakarta ini. Top markotop bersama Transjakarta selalu.



Pin It on Pinterest

Share This